Senin, 13 Februari 2012

Pemilihan Bibit Unggul Jagung Hibrida

Sebelumnya Blog Info Pertanian telah membahas tentang pemilihan bibit kelapa sawit yang baik, kali ini saya akan bahas tentang Pemilihan bibit unggul jagung hibrida yang baik pula.

Pada dasarnya tanaman jagung relatif mudah dibudidayakan, gampang perawatannya, serta sangat cocok dengan kondisi iklim dan cuaca di Indonesia. Seiring dengan bergulirnya waktu, perkembangan budi daya jagung di Indonesia mengalami kemajuan pesat. Salah satunya adalah penggunaan benih jagung hibrida.
Keunggulan jagung hibrida antara lain tahan terhadap jenis penyakit tertentu, masa panennya lebih cepat, dan kualitas serta kuantitas produksinya lebih baik. Nah, jika Anda ingin membudidayakan jagung hibrida ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Salah satunya adalah memilih benih.
Benih jagung hibrida dibuat dengan menyilangkan biji galur murni (FO) dari dua induk yang sudah diseleksi sifat unggulnya. Pembuatan benih jagung hibrida dilakukan di laboratorium dengan peralatan dan tenaga ahli yang berpengalaman.
Oleh karena itu, tidak sembarang orang bisa membuat benih jagung hibrida. Sebelum dijual, benih jagung hibrida diberi sertifikat yang menandakan sudah memenuhi semua persyaratan, baik syarat tanam, sifat unggul, maupun keasliannya.
Keunggulan tanaman jagung yang berasal dari benih hibrida antara lain tahan serangan hama dan penyakit, lebih cepat panen, produksi tinggi, serta sangat toleran dengan berbagai jenis dan ketinggian lahan. Sementara itu, kelemahannya adalah biji buahnya tidak bisa dijadikan benih lagi karena sifat unggul induknya sudah menghilang. Selain itu, lahan tanam jagung hibrida harus dipisahkan, minimal sejauh 200 meter dari lahan tanam jagung varietas lain agar tidak terjadi perkawinan silang. Apabila perkawinan silang ini terjadi, buah yang muncul akan mengalami kelainan genetik, sehingga sifat-sifat unggul dari induknya juga menghilang.
Berikut ini adalah beberapa varietas benih jagung hibrida yang bisa Anda dapatkan di pasaran: jagung hibrida Pioneer-1, jagung hibrida Pioneer-2, jagung hibrida Pioneer-4, jagung hibrida C-1, jagung hibrida C-2, jagung hibrida CPI-1, jagung hibrida Semar-1, jagung hibrida Semar-2, jagung hibrida STJ-27, jagung hibrida IPB-4, dan jagung hibrida Pioneer-5.
Memilih benih jagung hibrida ini ditulis Redaksi AgroMedia Pustaka dalam buku Budi Daya Jagung Hibrida yang baik. Buku ini disusun sebagai panduan bagi para petani ataupun Anda yang akan memulai usaha budi daya jagung hibrida. Mulai dari proses persiapan lahan, cara memilih benih, menanam, merawat tanaman, cara mengatasi hama dan penyakit, sampai penanganan panen dan pascapanen ada di dalam buku ini. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan analisis usaha budi daya jagung hibrida.

Gimana menarik bukan topik tentang  Pemilihan Bibit Unggul Jagung Hibrida yang baik dan benar. Semoga postingan kali ini dapat membantu anda dalam membudidayakan jagung hibrida.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar